Tuesday, February 28, 2017

Ada Pengaruh antara e-WOM dengan Citra destinasi PBB Setu Babakan

Pengaruh antara Electronic Word of Mouth (e-WOM) dengan Citra destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan 


Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2015-2016, dari tiga dimensi penyusun e-WOM, satu dimensi, yaitu kualitas e-WOM tidak mempengaruhi e-WOM secara keseluruhan dalam mempengaruhi Citra destinasi. Hal ini terlihat juga dari penilaian responden mengenai foto/komentar/ulasan pengguna internet memberikan informasi terkini mengenai Setu Babakan, dimana sekitar 30% responden menyatakan tidak setuju dan ragu-ragu. Selain itu juga penilaian responden mengenai foto/komentar/ulasan pengguna internet ditulis berdasarkan fakta atau kejadian yang sebenarnya, sekitar 20% responden menyatakan ragu-ragu dan ketidaksetujuannya mengenai hal tersebut. Peryataan bahwa foto/komentar/ulasan informasi mengenai Setu Babakan di internet dapat membantu pembaca dalam menilai Setu Babakan, sekitar 15% responden menyatakan ragu-ragu dan tidak setuju akan hal tersebut.
e-WOM Setu Babakan lebih dipengaruhi oleh bervariasinya informasi/gambar-gambar mengenai Setu Babakan di internet yang dikirim oleh banyak pengguna internet dibandingkan dengan keterkinian dan kelengkapan dari informasi atau gambar-gambar itu sendiri. Hal ini terlihat dari sekitar 80% responden setuju bahwa jumlah foto/komentar/ulasan pengguna internet banyak dan mudah dicari di internet. Selain itu juga ada sekitar 90% responden yang setuju dengan pernyataan bahwa informasi mengenai Setu Babakan di internet berasal dari banyak sumber dan bukan berasal dari satu orang saja.
Informasi yang disampaikan seseorang kepada orang lain mengenai Setu Babakan dari mulut ke mulut akan lebih cepat menyebar dengan adanya internet. Dengan internet seseorang dapat memanfaatkan komuniksi melalui website, email atau situs-situs  jejaring sosial seperti tweeter atau facebook untuk mencari atau memberikan informasi mengenai Setu Babakan. Informasi mengenai Setu Babakan yang awalnya dari satu orang bisa menyebar secara cepat atau menjadi viral ke orang lain  dengan adanya internet.
Lain halnya penyebaran e-WOM di media-media sosial seperti facebook, berita singkat atau foto lebih mudah disebarkan dan dilihat pengguna internet lain karena banyaknya pengguna jejaring sosial tersebut. Seseorang mungkin saja tidak berniat mencari informasi Setu Babakan namun pada saat membuka facebook ada foto-foto atau informasi singkat mengenai Setu Babakan yang diposting oleh pengguna facebook lain yang menarik perhatiannya sehingga orang tersebut tertarik dan berniat mengunjungi Setu Babakan di kemudian hari. Dengan demikian e-WOM Setu Babakan dikarenakan banyaknya penyebaran informasi singkat dan gambar atau foto-foto di media sosial yang diposting oleh penggunanya, dan secara tak sengaja dibaca atau dilihat pengguna media sosial yang lain. 
Maraknya pengunaan kamera digital dan mudahnya pengguna internet meng-upload foto di media sosial, seperti facebook, tweeter, instagram, dll lebih memudahkan seseorang menyebarkan foto dan informasi singkat mengenai Setu Babakan di internet.  Foto dan informasi singkat yang beredar akan lebih cepat dan luas peredarannya jika foto atau informasi singkat tersebut mendapat tanggapan, disukai (like) atau bahkan disebarkan ulang (share) oleh pegguna lain. Pada umumnya penguna facebook atau media sosial lainnya menginginkan sesuatu yang ditulisnya (status) serta foto-foto yang di-upload-nya disukai dan mendapatkan tanggapan positif dari pengguna lain. Ada kebanggaan tersendiri para pengguna media sosial jika foto atau statusnya disukai dan ditanggapi positif oleh banyak orang, sehingga foto-foto Setu babakan yang di-upload adalah foto-foto yang menarik yang diambil dari sudut-sudut terbaik, dengan demikian foto-foto Setu Babakan yang di-upload di media sosial bisa terkesan luar biasa dan tentu saja bisa  meningkatkan reputasi baik Setu Babakan. Semakin banyaknya e-WOM positif mengenai Setu Babakan tentu saja semakin meningkatkan Citra positif Setu Babakan.
Saran
Berpengaruhnya e-WOM terhadap Citra destinasi PBB Setu Babakan akan membawa dampak positif bagi Citra destinasi PBB Setu Babakan itu sendiri. Semakin banyak informasi dari mulut ke mulut di internet mengenai PBB Setu Babakan maka akan semakin populer dan meningkatnya Citra Setu Babakan di masyarakat. 
Agar masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi rinci mengenai Setu Babakan, seperti agenda kegiatan dan acara-acara yang akan dilaksanakan, maka hendaknya pengelola PBB Setu Babakan memiliki website resmi yang dikelola secara professional dimana informasi atau berita yang dimuat adalah informasi terkini dan sesuai fakta yang sebenarnya. 
Di samping itu pengelola situs hendaknya adalah orang-orang yang benar-benar mengetahui tentang Setu Babakan sehingga informasi yang beredar dimasyarakat bermanfaat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
Informasi mengenai acara-acara di PBB Setu Bababakan dapat berupa foto atau poster-poster kegiatan yang disebarkan di media sosial dengan kreatif. Adapun penyebar foto atau poster tersebut hendaknya melibatkan banyak orang atau semacam tim sehingga selain lebih luas penyebaran informasinya, sumber informasinya juga akan terkesan berasal dari banyak sumber pengirim pesan e-WOM
Adanya berbagai komunitas hobi di Setu Babakan, seperti komunitas sepeda tua (OSEBA), fotografi, sanggar tari, mancing, dan lain-lain dapat dirangkul untuk bekerjasama dalam menyebarkan e-WOM ini di internet. 
Selain itu hendaknya disediakannya akses internet gratis pada tempat-tempat tertentu sehingga memudahkan pengunjung berselancar di dunia maya, dengan harapan pengunjung tersebut menyebarkan foto-foto kegiatan atau informasi mengenai Setu Babakan di internet.
sumber : 

No comments:

Post a Comment