Saturday, February 11, 2017

Loyalitas Destinasi

Loyalitas Destinasi
by. Salman Paludi ~ Pebruari 2017
Mengacu pada frekuensi mengulangi kunjungan atau keinginan relatif sama untuk mengunjungi ulang destinasi. Saat ini destinasi wisata menghadapi persaingan yang ketat antara satu sama lain dan mungkin menjadi lebih sulit di tahun-tahun mendatang. Dengan demikian, manajer pemasaran harus memahami alasan mengapa wisatawan setia untuk suatu destinasi wisata dan apa yang mempengaruhi loyalitas mereka .
Destinasi dapat disebut sebagai produk dan pengunjung dapat mengunjungi mereka lagi atau merekomendasikan orang lain untuk mengunjungi destinasi tersebut. Loyalitas destinasi berhubungan langsung dengan perilaku pengunjung segera setelah menyelesaikan perjalanan, dan merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur keberhasilan strategi pemasaran sehingga dapat meningkatkan daya saing destinasi.
Loyalitas menunjukkan dimensi perilaku dan sikap. Hal ini juga harus dicatat bahwa loyalitas destinasi tergantung pada persepsi wisatawan 'tentang tempat dan bagaimana potensi wisatawan melihat dari informasi yang diberikan kepada mereka oleh orang-orang yang telah mengunjungi . Jadi untuk kesetiaan destinasi untuk menjadi efektif, citra destinasi harus membentuk persepsi positif di benak wisatawan
Untuk mengukur loyalitas destinasi, instrumen yang digunakan mengacu kepada tiga indikator, yaitu: niat datang kembali, rekomendasi, dan penilaian positif.

sumber pustaka : 

Paludi, Salman, 2016. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Citra Destinasi, KepuasanWisatawan, Dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) SetuBabakan Jakarta Selatan. Tesis, MM IBN Jakarta

Yoon, Y; Uysal, M, 2005. An Examination of The Effects of Motivation and Satisfaction on Destination Loyalty: A Structural Model. Tourism Management, 26(1), 45-56

Chen, JS and Gursoy, D, 2001. An Investigation of Tourists Destination Loyalty and Preferences, International Journal of Contemporary Hospitality management, Januari pp 79-85

Setiawan, Putu Yudi, et.al, 2014. The Effect of e-Wom on Destination Image, Satisfaction and Loyalty. Intrenational Journal of Business and Managenet Invention. Vol.3 Issue 1. PP.22-99


1 comment:

  1. Harrah's Philadelphia Casino - DRMCD
    With the world's leading casino entertainment, restaurants, and retail 순천 출장샵 space, Harrah's Philadelphia Casino & 군산 출장마사지 Hotel is 청주 출장안마 in the heart of the Philadelphia 동두천 출장안마 area. 경상북도 출장마사지

    ReplyDelete