Pengertian Pemasaran, Bauran Pemasaran, dan Bauran Promosi
by. Salman Paludi ~ Pebruari 2017
by. Salman Paludi ~ Pebruari 2017
Pengertian
Pemasaran
Pemasaran
pada saat ini telah menjadi sebuah faktor penting dalam siklus yang berhubungan
dengan pemenuhan kebutuhan konsumen. Dalam salah satu perusahaan, pemasaran
merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya, berkembang dan mendapatkan laba, kegiatan
pemasaran perusahaan juga harus dapat memberikan kepuasan pada konsumen jika
menginginkan usahanya tetap berjalan. Kesuksesan finansial sering bergantung
pada kemampuan pemasaran. Finansial, operasi, auntansi, dan fungsi bisnis
lainnya tidak akan berarti jika tidak cukup permintaan akan produk dan jasa
sehingga perusahaan akan menghasilkan keuntungan.
Pemasaran adalah suatu proses sosial
dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk
yang bernilai dengan pihak lain. Penanganan proses pertukaran memerlukan banyak
waktu dan keahlian. Manajemen pemasaran terjadi apabila sekurang-kurangnya satu
pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan
dari pihak lain sesuai dengan yang dikehendakinya. Menurut Asosiasi Pemasaran
Amerika, manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan
pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa
untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan
organisasi. Definisi ini mengakui bahwa manajemen pemasaran adalah proses
melibatkan analisa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian; yang mencakup
barang, jasa, dan gagasan; yang tergantung dalam pertukaran; dan dengan tujuan
menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat.
Bauran Pemasaran
Untuk mentransformasikan strategi pemasaran menjadi program pemasaran,
haruslah dibuat keputusan mendasar dalam pengeluaran pemasaran, bauran
pemasaran, dan alokasi pemasaran. Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaranya dalam pasar sasaran. .
Empat unsur dari alat-alat bauran pemasaran yang dikenal
dengan empat P, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.
Alat
bauran pemasaran yang paling mendasar adalah produk, yang merupakan penawaran
berwujud perusahaan kepada pasar, yang mencakup kualitas, rancangan, bentuk,
merek, dan kemasan produk. Pelayanan pendukung tersebut dapat memberikan
keunggulan kompetitif dalam pasar persaingan global.
Alat
pemasaran yang penting adalah harga, yaitu jumlah uang yang harus di bayar
pelanggan untuk produk tertentu. Harganya harus sebanding dengan penawaran
nilai kepada pelanggan. Jika tidak, pembeli akan berpaling ke produk pesaing.
Alat
bauran pemasaran selanjutnya adalah tempat, termasuk berbagai kegiatan yang
dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi
pelanggan sasaran. Perusahaan harus mengidentifikasi, merekrut dan
menghubungkan berbagai penyedia fasilitas pemasaran untuk menyediakan produk
dan pelayanannya secara efisien kepada pasar sasaran.
Promosi
merupakan alat bauran pemasaran keempat, meliputi semua kegiatan yang dilakukan
untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya kepada pasar sasaran.
Perusahaan harus membuat program komunikasi dan promosi yang terdiri dari
iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat serta pemasaran langsung dan online.
Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan salah satu
konsep kunci pemasaran modern. Bauran pemasaran dapat divisualisasikan seperti pada
gambar
Bauran Promosi
Komunikasi merupakan kegiatan pemasaran yang
paling terlihat atau terdengar – sebagian orang menganggapnya mengganggu –
tetapi nilainya terbatas, kecuali jika digunakan secara optimal bersamaan
dengan pemasaran lainnnya. Aksioma pemasaran lama mengatakan bahwa cara
tercepat untuk membunuh suatu produk adalah mengiklankannya secara berlebihan.
Strategi pemasaran yang didukung dengan penelitian yang cermat dan direncanakan
dengan baik juga akan menemui kegagalan
apabila calon pelanggan tidak bisa mengenali keberadaan perusahaan, apa yang
ditawarkan kepada mereka, proposisi dari nilai masing-masing produk, dan
bagaimana menggunakan produk-produk itu agar bermanfaat. Pelanggan bisa jadi
akan mudah tergiur oleh tawaran pesaing. Maka dari itu, komunikasi pemasaran,
dalam bentuk apapun, menjadi hal penting bagi kesuksesan perusahaan.
Komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah sarana di mana perusahaan berusaha
mengkomunikasikan, mambujuk, dan mengingatkan konsumen - secara langsung maupun
tidak langsung – tentang produk dan merek yang dijual. Intinya, komunikasi
pemasaran mempresentasikan “suara” perusahaan dan mereknya serta merupakan
sarana di mana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan
konsumen. Dalam memasarkan
produknya, perusahaan memerlukan suatu komunikasi dengan para konsumen atau
masyarakat pada umumnya, karena dengan adanya komunikasi maka konsumen dapat
mengetahui produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Setiap perusahaan mempunyai
kebijakan bauran promosi khusus, yang dianggap paling sesuai dan menguntungkan
bagi perusahaan.
Promosi merupakan salah satu variabel dalam
bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam
memasarkan produk dan jasa. Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat
komunikasi antara perusahaan dan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk
memengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai
dengan keinginan dan kebutuhannya. Hal ini dilakukan dengan menggunakan
alat-alat promosi. Perangkat promosi yang dikenal mencakup aktivitas
periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat,
pemasaran langsung, publikasi pemasaran, dan informasi atau berita dari mulut
ke mulut (word of mouth). baca juga :
Electronic Word of Mouth (eWOM)
daftar pustaka :
Paludi, Salman, 2016. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Citra Destinasi, KepuasanWisatawan, Dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) SetuBabakan Jakarta Selatan. Tesis, MM IBN Jakarta
Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran Marketing Management 9e, Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. New Jersey: Prentice-Hall
Pitana, I Gde dan Diarta, I Ketut Surya, 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta: Penerbit ANDI
Lovelock, Christopher et.al, 2011. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi . New Jersey: Pearson Prentice Hall
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi Ketiga Belas, Pearson Educations
Lupiyoadi, Lambat, 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi Ketiga, Jakarta, Salemba Empat
Sands Casino: Home - The Salt Lake
ReplyDeleteHome · About Us · septcasino Our Mission · Our Mission · Our Mission. Our Mission Sands Casino kadangpintar offers everything you งานออนไลน์ need to relax, recharge, and stay at the Gold Strike