Saturday, February 11, 2017

Pengertian Pemasaran, Bauran Pemasaran, dan Bauran Promosi

Pengertian Pemasaran, Bauran Pemasaran, dan Bauran Promosi
by. Salman Paludi ~ Pebruari 2017
Pengertian Pemasaran
Pemasaran pada saat ini telah menjadi sebuah faktor penting dalam siklus yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan konsumen. Dalam salah satu perusahaan, pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, berkembang dan mendapatkan laba, kegiatan pemasaran perusahaan juga harus dapat memberikan kepuasan pada konsumen jika menginginkan usahanya tetap berjalan. Kesuksesan finansial sering bergantung pada kemampuan pemasaran. Finansial, operasi, auntansi, dan fungsi bisnis lainnya tidak akan berarti jika tidak cukup permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan akan menghasilkan keuntungan.
            Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Penanganan proses pertukaran memerlukan banyak waktu dan keahlian. Manajemen pemasaran terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan yang dikehendakinya. Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika, manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi. Definisi ini mengakui bahwa manajemen pemasaran adalah proses melibatkan analisa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian; yang mencakup barang, jasa, dan gagasan; yang tergantung dalam pertukaran; dan dengan tujuan menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat. 
Bauran Pemasaran
            Untuk mentransformasikan strategi pemasaran menjadi program pemasaran, haruslah dibuat keputusan mendasar dalam pengeluaran pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran. Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaranya dalam pasar sasaran. .
Empat unsur dari alat-alat bauran pemasaran yang dikenal dengan empat P, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.
            Alat bauran pemasaran yang paling mendasar adalah produk, yang merupakan penawaran berwujud perusahaan kepada pasar, yang mencakup kualitas, rancangan, bentuk, merek, dan kemasan produk. Pelayanan pendukung tersebut dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam pasar persaingan global.
Alat pemasaran yang penting adalah harga, yaitu jumlah uang yang harus di bayar pelanggan untuk produk tertentu. Harganya harus sebanding dengan penawaran nilai kepada pelanggan. Jika tidak, pembeli akan berpaling ke produk pesaing.
Alat bauran pemasaran selanjutnya adalah tempat, termasuk berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran. Perusahaan harus mengidentifikasi, merekrut dan menghubungkan berbagai penyedia fasilitas pemasaran untuk menyediakan produk dan pelayanannya secara efisien kepada pasar sasaran.
Promosi merupakan alat bauran pemasaran keempat, meliputi semua kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya kepada pasar sasaran. Perusahaan harus membuat program komunikasi dan promosi yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat serta pemasaran langsung dan online.
Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan salah satu konsep kunci pemasaran modern. Bauran pemasaran dapat divisualisasikan seperti pada gambar


Bauran Promosi
Komunikasi merupakan kegiatan pemasaran yang paling terlihat atau terdengar – sebagian orang menganggapnya mengganggu – tetapi nilainya terbatas, kecuali jika digunakan secara optimal bersamaan dengan pemasaran lainnnya. Aksioma pemasaran lama mengatakan bahwa cara tercepat untuk membunuh suatu produk adalah mengiklankannya secara berlebihan. Strategi pemasaran yang didukung dengan penelitian yang cermat dan direncanakan dengan baik  juga akan menemui kegagalan apabila calon pelanggan tidak bisa mengenali keberadaan perusahaan, apa yang ditawarkan kepada mereka, proposisi dari nilai masing-masing produk, dan bagaimana menggunakan produk-produk itu agar bermanfaat. Pelanggan bisa jadi akan mudah tergiur oleh tawaran pesaing. Maka dari itu, komunikasi pemasaran, dalam bentuk apapun, menjadi hal penting bagi kesuksesan perusahaan. 
Komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah sarana di mana perusahaan berusaha mengkomunikasikan, mambujuk, dan mengingatkan konsumen - secara langsung maupun tidak langsung – tentang produk dan merek yang dijual. Intinya, komunikasi pemasaran mempresentasikan “suara” perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana di mana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Dalam memasarkan produknya, perusahaan memerlukan suatu komunikasi dengan para konsumen atau masyarakat pada umumnya, karena dengan adanya komunikasi maka konsumen dapat mengetahui produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Setiap perusahaan mempunyai kebijakan bauran promosi khusus, yang dianggap paling sesuai dan menguntungkan bagi perusahaan.
Promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa. Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk memengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Hal ini dilakukan dengan menggunakan alat-alat promosi. Perangkat promosi yang dikenal mencakup aktivitas periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, publikasi pemasaran, dan informasi atau berita dari mulut ke mulut (word of mouth). 

baca juga : 

Electronic Word of Mouth (eWOM)


daftar pustaka : 

Paludi, Salman, 2016. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Citra Destinasi, KepuasanWisatawan, Dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) SetuBabakan Jakarta Selatan. Tesis, MM IBN Jakarta

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran Marketing Management 9e, Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. New Jersey: Prentice-Hall

Pitana, I Gde dan Diarta, I Ketut Surya, 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta: Penerbit ANDI

Lovelock, Christopher et.al, 2011. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi . New Jersey: Pearson Prentice Hall

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi Ketiga Belas, Pearson Educations

Lupiyoadi, Lambat, 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi Ketiga, Jakarta, Salemba Empat

1 comment:

  1. Sands Casino: Home - The Salt Lake
    Home · About Us · septcasino Our Mission · Our Mission · Our Mission. Our Mission Sands Casino kadangpintar offers everything you งานออนไลน์ need to relax, recharge, and stay at the Gold Strike

    ReplyDelete