Pengertian dan Dimensi Citra Destinasi Pariwisata
by. Salman Paludi ~ Pebruari 2017
Pengertian Citra Destinasi Pariwisata
Citra (image) adalah persepsi masyarakat terhadap perusahaan atau produknya. Perlu dibedakan antara identitas dengan citra, identitas adalah berbagai cara yang diarahkan perusahaan untuk mengidentifikasi dirinya atau memposisikan produknya. Perusahaan merancang suatu identitas atau penetapan posisi (positioning) untuk membentuk citra masyarakat, tetapifaktor-faktor lain mungkin mempengaruhi citra yang diterima tiap orang. Citra yang efektif melakukan tiga hal untuk suatu produk. Pertama, menyampaikan satu pesan tunggal yang memantapkan karakter produk atau usulan nilai. Kedua, menyampaikan pesan ini dengan cara yang berbeda sehingga tidak dikelirukan dengan pesan serupa dari para pesaing. Ketiga, mengirimkan kekuatan emosional sehingga membangkitkan hati maupun pikiran pembeli. Membangkitkan citra yang kuat membutuhkan kreativitas dan kerja keras. Citra tidak dapat ditanamkan dalam pikiran masyarakat dalam semalam atau disebarkan dalam satu jam saja.
by. Salman Paludi ~ Pebruari 2017
Pengertian Citra Destinasi Pariwisata
Setu Babakan sedang surut airnya |
Citra (image) adalah persepsi masyarakat terhadap perusahaan atau produknya. Perlu dibedakan antara identitas dengan citra, identitas adalah berbagai cara yang diarahkan perusahaan untuk mengidentifikasi dirinya atau memposisikan produknya. Perusahaan merancang suatu identitas atau penetapan posisi (positioning) untuk membentuk citra masyarakat, tetapifaktor-faktor lain mungkin mempengaruhi citra yang diterima tiap orang. Citra yang efektif melakukan tiga hal untuk suatu produk. Pertama, menyampaikan satu pesan tunggal yang memantapkan karakter produk atau usulan nilai. Kedua, menyampaikan pesan ini dengan cara yang berbeda sehingga tidak dikelirukan dengan pesan serupa dari para pesaing. Ketiga, mengirimkan kekuatan emosional sehingga membangkitkan hati maupun pikiran pembeli. Membangkitkan citra yang kuat membutuhkan kreativitas dan kerja keras. Citra tidak dapat ditanamkan dalam pikiran masyarakat dalam semalam atau disebarkan dalam satu jam saja.
Citra dari suatu destinasi merupakan
bagian penting untuk dijual pada wisatawan atau pemangku kepentingan. Citra destinasi didefinisikan sebagai seperangkat pengetahuan dan
gambaran suatu destinasi wisata oleh pengunjung destinasi tersebut, termasuk
informasi geografi, populasi, infrastruktur, iklim, sejarah dan budaya, serta
penilaian daya tarik, keamanan dan sebagainya. Citra destinasi
merupakan gambaran pikiran, kepercayaan, perasaan dan persepsi terhadap suatu
destinasi .
. Berdasarkan definisi-definisi tersebut
dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian citra destinasi adalah sejumlah gambaran,
kepercayaan, persepsi dan pikiran dari wisatawan terhadap suatu destinasi yang
melibatkan berbagai produk dan atribut wisata destinasi terkait. Dalam
penelitian ini merupakan kesan wisatawan secara umum terhadap PBB Setu Babakan.
Dimensi Citra Destinasi Pariwisata
Instrumen yang digunakan untuk mengukur
variabel citra destinasi ada sembilan indikator, yaitu lingkungan, wisata alam, acara dan hiburan, atraksi
bersejarah/budaya, infrastruktur, aksesibilitas, relaksasi, kegiatan luar ruangan,
serta harga dan nilai.
1. Lingkungan, yaitu keadaan lingkungan di dalam maupun di sekitar
objek wisata. Hal ini meliputi kemanan lokasi wisata, kebersihan,
keramahtamahan warga, dan ketenangan suasana.
2. Wisata alam, merupakan
keadaan wisata alam atau keindahan pemandangan di objek wisata
3. Acara dan hiburan, yaitu ragam acara dan hiburan yang disajikan di
lokasi objek wisata
4. Atraksi bersejarah/budaya, yaitu keadaan kebudayaan lokal yang
menjadi ciri khas dari objek wisata
5. Infrastruktur, yaitu fasilitas pendukung yang ada di dalam dan
sekitar objek wisata
6. Aksesibilitas, yaitu kelancaran atau kemudahan akses untuk
mencapai lokasi objek wisata
7. Relaksasi, yaitu kondisi atau keadaan dimana objek wisata dapat
membatu pengunjungnya untuk menenangkan pikiran serta menyegarkan tubuhnya.
8. Kegiatan luar ruangan, yaitu kegiatan yang bisa dilakukan
pengunjung di alam terbuka di dalam dan sekitar objek wisata
9. Harga dan nilai, yaitu segala biaya yang dikeluarkan
pengunjung/wisatawan selama berada di objek wisata.
Kesembilan indikator tersebut dikaitkan dengan gambaran wisatawan
tentang destinasi wisata tujuan yang didapatkan dari internet.sumber pustaka :
Paludi, Salman, 2016. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Citra Destinasi, KepuasanWisatawan, Dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) SetuBabakan Jakarta Selatan. Tesis, MM IBN Jakarta
Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran Marketing Management 9e, Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. New Jersey: Prentice-Hall
Setiawan, Putu Yudi, et.al, 2014. The Effect of e-Wom on Destination Image, Satisfaction and Loyalty. Intrenational Journal of Business and Managenet Invention. Vol.3 Issue 1. PP.22-99
Chen, C.-F., dan Tsai, D. C, 2007. How destination image and evaluative factors affect behavioral intentions?. Tourism Management, Vol. 4, No. 28, 1115-1122
Chi, Qing-Christina Geng & Qu, Hailin, 2008. Examining the structural relationships of destination image, tourist satisfaction and destination loyalty: An integrated approach. ScienceDirect Tourism Management 29 : 624-636
No comments:
Post a Comment