Monday, March 13, 2017

Citra destinasi mempengaruhi Kepuasan wisatawan Setu Babakan

Pengaruh antara Citra destinasi dengan Kepuasan wisatawan
Semakin baik komponen pelayanan suatu produk wisata maka akan semakin baik pula tingkat kepuasan pengunjungnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, dari sembilan dimensi penyusun Citra destinasi, delapan dimensi mempengaruhi Citra destinasi  PBB Setu Babakan, yaitu : wisata alam, acara dan hiburan, atraksi bersejarah/budaya, infrastruktur, aksesibilitas, relaksasi, kegiatan luar ruangan serta harga dan nilai, sedangkan satu dimensi, yaitu : lingkungan PBB Setu Babakan, tidak mempengaruhi Citra destinasinya.
Untuk dimensi lingkungan, berdasarkan angket terlihat bahwa penilaian responden mengenai informasi yang didapat dari internet mengenai keamanan di Setu Babakan terjamin, sekitar 30% menyatakan ragu-ragu dan tidak setuju akan hal tersebut. Hal ini terkait dengan keamanan pengunjung pada malam hari, selain minimnya lampu penerangan sekitar danau, tenaga kemananan yang bertugas juga dirasa masih kurang, terutama kemananan di lokasi parkir yang belum terpusat lokasinya. Untuk kebersihan, sekitar 34% ragu-ragu dan tidak setuju bahwa informasi yang beredar di internet bahwa kebersihan Setu Babakan terjaga baik. Kebersihan danau dipengaruhi air dari sungai yang masuk ke danau, sehingga bila air sungai kotor atau membawa sampah maka sampah tersebut akan masuk ke danau. Sudah ada petugas kebersihan danau yang didukung satu perahu boot namun terkadang petugas kebersihan baru bekerja pada pagi hari setelah banyak pengunjung yang datang, sehingga pengunjung masih melihat banyak sampah di danau. Selain itu kerapihan sekitar danau dinilai masih kurang, diantaranya jalan yang tidak rata, pagar di pinggir danau yang rusak, lampu penerangan yang rusak, dan keberadaan para pedagang yang belum teroganisir.
Untuk hal suasana, sekitar 20% responden meragukan dan tidak setuju bahwa informasi yang didapat dari internet bahwa di Setu Babakan suasananya menyenangkan. Hal ini terlihat dari kurang terawatnya sebagian sisi danau dan pohon-pohon pelindungnya sehingga terkesan gersang. Selain itu juga penilaian responden mengenai keramahan warga sekitar masih ada sekitar 15% yang ragu dan ketidaksetujuannya mereka mengenai keramahan warga sekitar di Setu Babakan. Hal ini terjadi terutama pada malam hari dimana pengunjung dilarang masuk oleh warga sekitar ke lokasi PBB Setu Babakan.
Setu Babakan yang memiliki citra sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi yang masih asri dan menarik perhatian pengunjungnya untuk menikmati objek wisata alam berupa danau dan atau pagelaran kesenian Betawi sambil menikmati kuliner khas Betawi di pinggiran kota Jakarta dengan biaya murah meriah. Jika pengujung yang datang mengalami hal yang sesuai dengan gambarannya maka kepuasan pengunjung akan tercipta. 
Berkembang pesatnya teknologi informasi dan foto digital memungkinkan seorang fotografer mengambil gambar/foto lingkungan Setu Babakan pada sudut-sudut tertentu serta mengeditnya agar terlihat menjadi sangat rimbun dan sejuk, namun tidak seluruhnya benar jika melihat kondisi langsung di lapangan. Foto-foto tersebutlah yang nanatinya akan beredar di internet dan diakses masyarakat khususnya para calon pengunjung. Setu Babakan yang lokasinya masih di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, pengguna internet menganggap memiliki keadaan lingkungan yang relatif sama dalam hal keamanan, kebersihan, keramahan warga sekitar, suasana lingkungan  serta keadaan cuaca dengan lokasi-lokasi lain di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Jika Setu Babakan memiliki lingkungan yang benar-benar beda dengan wilayah lain di Jakarta maka akan Setu Babakan akan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Dengan demikian lingkungan yang sejuk dan asri harus benar-benar diciptakan di Setu Babakan untuk memuaskan pengunjung yang datang.

baca juga : Kepuasan tidak mempengaruhi loyalitas pengunjung Setu Babakan

sumber : 

No comments:

Post a Comment