Saturday, February 11, 2017

Pengertian dan Dimensi Citra Destinasi Pariwisata

Pengertian dan Dimensi Citra Destinasi Pariwisata
by. Salman Paludi ~ Pebruari 2017

Pengertian Citra Destinasi Pariwisata
Setu Babakan sedang surut airnya

Citra (image) adalah persepsi masyarakat terhadap perusahaan atau produknya. Perlu dibedakan antara identitas dengan citra, identitas adalah berbagai cara yang diarahkan perusahaan untuk mengidentifikasi dirinya atau memposisikan produknya. Perusahaan merancang suatu identitas atau penetapan posisi (positioning) untuk membentuk citra masyarakat, tetapifaktor-faktor lain mungkin mempengaruhi citra yang diterima tiap orang. Citra yang efektif melakukan tiga hal untuk suatu produk. Pertama, menyampaikan satu pesan tunggal yang memantapkan karakter produk atau usulan nilai. Kedua, menyampaikan pesan ini dengan cara yang berbeda sehingga tidak dikelirukan dengan pesan serupa dari para pesaing. Ketiga, mengirimkan kekuatan emosional sehingga membangkitkan hati maupun pikiran pembeli. Membangkitkan citra yang kuat membutuhkan kreativitas dan kerja keras. Citra tidak dapat ditanamkan dalam pikiran masyarakat dalam semalam atau disebarkan dalam satu jam saja.
Citra dari suatu destinasi merupakan bagian penting untuk dijual pada wisatawan atau pemangku kepentingan. Citra destinasi didefinisikan sebagai seperangkat pengetahuan dan gambaran suatu destinasi wisata oleh pengunjung destinasi tersebut, termasuk informasi geografi, populasi, infrastruktur, iklim, sejarah dan budaya, serta penilaian daya tarik, keamanan dan sebagainya. Citra destinasi merupakan gambaran pikiran, kepercayaan, perasaan dan persepsi terhadap suatu destinasi .
. Berdasarkan definisi-definisi tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian citra destinasi adalah sejumlah gambaran, kepercayaan, persepsi dan pikiran dari wisatawan terhadap suatu destinasi yang melibatkan berbagai produk dan atribut wisata destinasi terkait. Dalam penelitian ini merupakan kesan wisatawan secara umum terhadap PBB Setu Babakan.
Dimensi Citra Destinasi Pariwisata
Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel citra destinasi ada sembilan indikator, yaitu lingkungan, wisata alam, acara dan hiburan, atraksi bersejarah/budaya, infrastruktur, aksesibilitas, relaksasi, kegiatan luar ruangan, serta harga dan nilai.
1.      Lingkungan, yaitu keadaan lingkungan di dalam maupun di sekitar objek wisata. Hal ini meliputi kemanan lokasi wisata, kebersihan, keramahtamahan warga, dan ketenangan suasana.
2.       Wisata alam, merupakan keadaan wisata alam atau keindahan pemandangan di objek wisata
3.      Acara dan hiburan, yaitu ragam acara dan hiburan yang disajikan di lokasi objek wisata
4.      Atraksi bersejarah/budaya, yaitu keadaan kebudayaan lokal yang menjadi ciri khas dari objek wisata
5.      Infrastruktur, yaitu fasilitas pendukung yang ada di dalam dan sekitar objek wisata
6.      Aksesibilitas, yaitu kelancaran atau kemudahan akses untuk mencapai lokasi objek wisata
7.      Relaksasi, yaitu kondisi atau keadaan dimana objek wisata dapat membatu pengunjungnya untuk menenangkan pikiran serta menyegarkan tubuhnya.
8.      Kegiatan luar ruangan, yaitu kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di alam terbuka di dalam dan sekitar objek wisata
9.      Harga dan nilai, yaitu segala biaya yang dikeluarkan pengunjung/wisatawan selama berada di objek wisata.
Kesembilan indikator tersebut dikaitkan dengan gambaran wisatawan tentang destinasi wisata tujuan yang didapatkan dari internet.

sumber pustaka :

Paludi, Salman, 2016. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Citra Destinasi, KepuasanWisatawan, Dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) SetuBabakan Jakarta Selatan. Tesis, MM IBN Jakarta

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran Marketing Management 9e, Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. New Jersey: Prentice-Hall

Setiawan, Putu Yudi, et.al, 2014. The Effect of e-Wom on Destination Image, Satisfaction and Loyalty. Intrenational Journal of Business and Managenet Invention. Vol.3 Issue 1. PP.22-99

Chen, C.-F., dan Tsai, D. C, 2007. How destination image and evaluative factors affect behavioral intentions?. Tourism Management, Vol. 4, No. 28, 1115-1122

Chi, Qing-Christina Geng & Qu, Hailin, 2008. Examining the structural relationships of destination image, tourist satisfaction and destination loyalty: An integrated approach. ScienceDirect Tourism Management 29 : 624-636

No comments:

Post a Comment